Senin, 09 November 2015

Bank Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2

Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2, Bank Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2, Soal Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1, Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 2, Apakah sobat sedang mencari soal IPS SD Kelas 6 semester 1 dan 2 ? disini ada beberapa soal IPS SD yang bisa sobat gunakan untuk bahan uji kompetensi siswa kelas 6
Bank Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2
Ciri-ciri Soal Yang Baik menurut berbagai sudut pandang Pendidikan  
Sebuah tes dikatakan baik jika memenuhi persyaratan:
Bersifat valid atau memiliki validitas yang cukup tinggi. Suatu tes dikatakan valid bila tes itu isinya dapat mengukur apa yang seharusnya di ukur, artinya alat ukur yang digunakan tepat
Bersifat reliable, atau memiliki reliabelitas yang baik. Reliabelitas sering diartikan dengan keterandalan. Suatu tes dikatakan relliabel jika tes itu diberikan berulang-ulang memberikan hasil yang sama.
Bersifat praktis atau memiliki kepraktisan. Tes memiliki sifat kepraktisan artinya praktis dari segi perencanaan, pelaksanaan tes dan memiliki nilai ekonomi tetapi harus tetap mempertimbangkan kerahasiaan tes.

Namun syarat minimum yang harus dimiliki oleh sebuah tes yang baik adalah valid dan reliable.

Langkah-langkah Pengembangan Soal

Ada enam tahap dalam merencanakan dan menyusun tes agar diperoleh tes yang baik,yaitu:

1) Pengembangan spesifikasi tes

Spesifikasi tes adalah suatu ukuran yang menunjukkan keseluruhan kualitas tes dan ciri-ciri yang harus dimiliki oleh tes yang akan dikembangkan. Hal yang perlu diperhatikan adalah :

a) Menentukan tujuan, tujuan pembelajaran yang baik hendaklah berorientasi kepada peserta didik, bersifat menguraikan hasil belajar, harus jelas dan dapat dimengerti, mengandung kata kerja yang jelas (kata kerja operasional), serta dapat diamati dan dapat di ukur.

b) Menyusun kisi-kisi soal, penyusunan kisi-kisi soal bertujuan untuk merumuskan setepat mungkin ruang lingkup, tekanan dan bagian-bagian tes sehingga perumusan tersebut dapat menjadi petunjuk yang efektif bagi penyusun tes.

c) Memilih tipe soal, dalam memilih tipe soal perlu diperhatikan kesesuaian antara tipe soal dengan materi, tujuan evaluasi, skoring, pengelolaan hasil evaluasi, penyelenggaraan tes, serta ketersediaan dana dan kepraktisan.

d) Merencanakan tingkat kesukaran soal, untuk soal objektif dapat diketahui melalui uji coba atau dapat juga diperkirakan dengan Cara melihat berat ringannya beban penyeleaian soal tersebut

e) Merencanakan banyak soal

f) Merencanakan jadwal penerbitan soal

2) Penulisan soal

3) Penelaahan soal, yaitu menguji validitas soal yang bertujuan untuk mencermati apakah butir-butir soal yang disusun sudah tepat untuk mengukur tujuan pembelajaran yang sudah dirumuskan, ditinjau dari segi isi/materi, kriteria dan psikologis.

4) Pengujian butir-butir soal secara empiris, kegiatan ini sangat penting jika soal yang dibuat akan dibakukan.

5) Penganalisisan hasil uji coba.

6) Pengadministrasian soal
Baca selengkapnya disini Kumpulan Soal IPS SD Kelas 6 Semester 1 dan 2 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar